Interaksi Manusia dan Komputer
Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara manusia dengan komputer melalui serangkaian proses, dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara efektif yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer agar lebih mudah digunakan serta dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang di inginkan oleh manusia.
Sudut Pandang Pengguna
Melalui sudut pandang pengguna ialah merupakan keseluruhan dari sebuah sistem, sehingga dapat disimpulkan menjadi 3 bagian yaitu :
- Useful ialah fungsional, yang berarti dapat mengerjakan atau menjalankan sesuatu.
- Usable ialah dapat didayagunakan, mengerjakan sesuatu dengan mudah, yang dapat diselesaikan sesuai harapan dan mengerjakan sesuatu yang benar.
- Used ialah terlihat baik, yang berarti dapat diterima, tersedia, serta dapat digunakan oleh organisasi.
Tujuan Interaksi Manusia Komputer
- Membuat Sistem yang dapat :
- Fungsional
- Berguna
- Efektif
- Produktif
- Aman
- Meningkatkan Interaksi antara Manusia dengan Komputer :
- Sistem yang bermanfaat dan berfungsi dengan baik (Usable)
- Sistem yang dapat dikembangkan serta meningkatkan keamanan (Safety)
Para perancang antarmuka manusia - komputer berharap agar Sistem Komputer yang telah dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan pengguna (User Friendly).
Paradigma dan Prinsip Interaksi
Sistem Interaktif memungkinkan User mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem Interaktif harus dapat di dayagunakan (Usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu Sistem Aplikasi.
Terdapat Pertanyaan (masalah) tentang pendayagunaan Sistem Interaksi :
- Bagaimana Suatu Sistem Interaktif dapat dibuat atau di bangun agar mempunyao dayaguna yang tinggi ?
- Bagaimana mengukur atau mendemonstrasikan dayaguna suatu Sistem Interaktif tersebut ?
Dua pendekatan untuk memecahkan atau menjawab pertanyaan masalah diatas yaitu :
- Paradigma, Sistem Interaktif yang berhasil atau sukses pada umumnya dapat diyakini akan meningkatkan dayaguna dari Sistem tersebut.
- Prinsip, Interaksi yang efektif dari berbagai aspek baik dari segi Pengetahuan Psikologi, Komputasi dan Sosiologi mengarahkan peningkatan Desain dan Evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan dayaguna Sistem tersebut.
Jenis Paradigma
- Time-Sharing, Suatu Komputer yang mampu mendukung atau di gunakan secara Multiple-User.
- Video Display Units (VPU), Dapat mem-visualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda serta mampu mem-visualisasikan abstraksi data.
- Program Toolkits, Alat antu pemograman yang memungkinkan Programmer dapat meningkatkan Produktivitasnya.
- Sistem Windows dan Interface WIMP ( Windows, Icons, Menus dan Pointers), Sistem Windows yang memungkinkan User untuk berdialog atau berinteraksi dengan Komputer.
- Computer-Supported Cooperative Work (CSCW), perkembangan jaringan komputer yang memungkinkan komunikasi antara beberapa mesin (Personal Computer) yang terpisah dalam kesatuan grup yang dimana interaksi antar Manusia melalui Komputer dapat direpresentasikan dalam satu Produk.
Bidang Ilmu Dasar dalam membuat Interaksi
Membuat antarmuka yang baik di butuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :
- Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer, Ilmu untuk merancang dan memberikan kerangka kerja pada suatu Sistem Interaksi Manusia-Komputer.
- Perancangan Grafis dan Tipografi, Ilmu yang memahami baik gambar atau tulisan yang digunakan sebagai sarana dialog secara efektif antara manusia dan komputer.
- Psikologi, Ilmu yang memahami Sifat dan Kebiasaan, untuk dapat mengolah suatu desain interaktif dengan Keterampilan motorik pengguna.
- Antropologi, Ilmu pengetahuan tentang manusia yang memberikan suatu pandangan bagaimana cara kerja berkelompok dan memberikan kontribusi sesuai bidangnya
- Linguistik, Ilmu yang mempelajari bahasa. Dalam melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai serta khusus yang berhubungan dengan bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
- Sosiologi, Ilmu yang mempelajari tentang pengaruh Sistem antar Manusia - Komputer dalam struktur Sosial.
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
https://witanduty.wordpress.com/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar